Tahun Baru Cina 2562 (Imlek 2011)

Hari ini semua yang punya keturunan Tionghoa atau Cina merayakan Tahun Baru Cina atau Imlek, tidak terkecuali aku sendiri. Banyak yang tidak menduga bukan ?Kalau ditanya orang, aku mesti jawab aku orang Indonesia atau aku orang Surabaya. Secara gak langsung Papaku ada keturunan Tionghoa, ya generasi kedua si coz yang Tionghoa tulen tu Kakeknya (buyutku). Mamaku asli orang pribumi, jadi tidak tampak lah sisi Tionghoa ku. Ada si yang bikin orang lain tau kalau aku ras turunan. Mereka tau dari nama belakangku. Nama belakangku merupakan nama marga atau nama bawaan dari keluarga Papaku.

Tahun ini memasuki tahun kelinci dengan banyak keterangan yang gak banyak aku inget. Emang si perayaan Imlek dirayainnya dengan tradisi ngumpul di rumah sodara Papaku yang paling tua di Pondok Candra. Moment seperti ini diisi dengan makan-makan, ngobrol dan tentunya bagi-bagi angpao. Kalo ditanya satu persatu tentang nama, pasti yang ada disitu punya nama belakang “Kurnia”. Ngomongin bagi angpao ni, pasti udah pada tau. Bagi-bagi angpao adalah bagi rejeki bagi yang sudah bekerja dan sudah menikah, mereka memberikan amplop merah yang berisi uang kepada anak, keponakan, cucu, sodara dan rekan satu sama lain. Ada juga si yang bagi-bagi angpao di Klenteng atau Vihara buat orang yang kurang beruntung nasibnya. Berhubung aku masih sekolah, belum kerja dan belum nikah jadi aku kebagian dapet angpao deh haha. Dengan wajah maksa aku minta satu persatu dari family ku dengan password Gong Xi Fa Choi, Gong Xi Gong Xi. Seneng de rasanya dapet angpao, lumayan la buat tambahan jajan.
Ngumpul seperti ini merupakan tradisi yang selalu dilakukan oleh keluargaku. Gak cuma Imlek aja, kalo lagi Natal juga ngumpul di tempat yang sama. Ya cukup la ceritaku hari ini, gak penting angpao dapet berapa tapi yang penting maknanya bisa ngumpul dan menjalin hubungan antar satu sama lain biar tambah deket.
Gong Xi Fat Choi, Semoga di tahun kelinci ini rejeki kita tambah banyak dan tentunya tambah makmur

Family of Kurnia
Kasih susu Luffy
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s