Walau Tua Tapi Jiwa Muda (PEMUDI’S)

Ada yang tau motor tua atau Montor Udhug ? Well, di blog ini aku akan bahas tentang apa itu Montor Udhug. Di Surabaya ada salah satu komunitas motor tua, namanya PEMUDI’S. Biasanya orang mengenal orang motor itu adalah orang yang penuh tato, beringas, dan pemabuk. Tapi hal itu ditepis semuanya oleh klub motor ini. Ya beberapa ada yang seperti itu, tapi itu mereka tetap bisa jaga dan tau diri. Klub motor ini berbeda dengan geng motor yang dikenal kriminal dan brutal.
PEMUDI’S adalah singkatan dari Penggemar Montor Udhug Indonesia Surabaya. Biasanya komunitas ini ngumpul setiap hari Jum’at malam di daerah Bambu Runcing, Surabaya. PEMUDI’S berdiri resminya pada tanggal 2 Februari 1982 (waow aku aja belum lahir). Sebenarnya komunitas ini sudah ada sejak tahun 1950 yang awalnya mempunyai nama PERMI dan pada akhirnya resmi berdiri dengan nama PEMUDI’S pada tahun 1982. Komunitas motor dari PEMUDI’S ini adalah komunitas motor tua pertama kali (pelopor) yang ada di Surabaya. Hingga saat ini anggota dari komunitas ini sekitar 50 anggota. Memang komunitas ini adalah komunitas motor tua tapi bukan berarti anggotanya juga tua-tua loo, ada juga yang muda. “Walopun tua tapi jiwa tetep muda”, gaya ngeles dari mereka yang gak mau disebut tua Hahahaha. Semboyan dari komunitas ini adalah “JANCUK’AN” yang artinya Jantan, Asik, Nekat, Cerdik, Ulet, Kreatif, Agak Nakal ! Hehehe. Tentunya semua belum pada tau motor apa si yang disebut montor udhug itu ?Montor udhug adalah sepeda motor yang mana tahun pembuatannya sekitar jaman perang dulu, sekitar tahun 1941-1960 an. Biasanya motor ini buatan Eropa (Inggris, Jerman), Amerika. Motor ini memiliki ciri khas yaitu rem belakang ada di sebelah kiri dan porseleng di sebelah kanan untuk yang buatan Inggris, sedangkan untuk yang buatan Jerman sama dengan motor Jepang (motor sekarang). Merk dari motor-motor ini antara lain

  1. Yang dari Inggris : BATMAN singkatan dari BSA, ARIEL, TRIUMPH, MATCHLES, AJS dan NORTON
  2. Yang dari Jerman : BMW dan ZUNDAPP
  3. Yang dari Amerika : Harley Davidson
Komunitas ini memiliki ikatan solidaritas yang kuat antar satu sama lain. Walaupun ada perbedaan, itu adalah hal yang lumrah dalam suatu organisasi. Kegiatan dari komunitas ini ngumpul-ngumpul, mengadakan acara HUT dan touring. Hal yang paling asik adalah touring ke luar kota. Mereka biasanya dapat undangan dari komunitas lain yang berada diluar kota. Selama ini komunitas ini pernah touring ke Jakarta, Salatiga, Klaten, Wonosobo, bahkan ke Makasar. Sebenernya masih banyak lagi kota-kota yang pernah mereka lalui, tapi terlalu banyak kalau di sebutkan disini.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s