Lunturnya Bahasa Indonesia

Bahasa merupakan salah satu cara untuk menyampaikan pesan dan berkomunikasi. Setiap negara memiliki bahasa negaranya sendiri. Ada banyak bahasa di dunia, termasuk Bahasa Inggris, Bahasa Cina, Bahasa Jepang dan bahasa – bahasa asing lainnya. Begitupula dengan Indonesia, bangsa ini juga memiliki bahasa nasionalnya yaitu Bahasa Indonesia.
Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional resmi dari Indonesia. Di Indonesia juga terdapat banyak bahasa daerah, seperti Bahasa Jawa, Bahasa Sunda, Bahasa Melayu, Bahasa Batak, Bahasa Dayak, Bahasa Papua dan bahasa – bahasa daerah lainnya. Oleh karena itu, muncullah keputusan bahasa nasional adalah Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia juga digunakan sebagai bahasa pemersatu antar daerah. Bahkan pernah ada yang namanya Sumpah Pemuda yang mana dalam pertemuan itu melahirkan beberapa poin yang mana salah satu isinya menyebutkan “Berbahasa satu, Bahasa Indonesia”. Kita menyadari betapa pentingnya penggunaan bahasa dalam kegiatan kita sehari – hari. Ada pepatah mengatakan “Bila kita ingin menguasai suatu negara, maka kuasailah bahasanya”. 
Menanggapi hal ini, betapa memalukannya bila kita sebagai Warga Negara Indonesia tidak mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Coba perhatikan lingkungan disekitar kita ?secara perlahan bahasa Indonesia mulai luntur dan tidak diminati oleh masyarakatnya sendiri. Tidak hanya di jenjang karir saja yang menggunakan bahasa asing, lembaga pendidikan yang mendidik anak usia dinipun sekarang telah menggunakan bahasa asing sebagai alat komunikasi. Banyak anak muda yang bilang kalau bahasa Indonesia itu tidak gaul dan kuno. Mereka lebih memilih belajar bahasa asing daripada belajar Bahasa Indonesia. Tidak salah apabila setiap ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia banyak yang menggagap ujian itu sulit. Bagaimana kita bisa melestarikan bahasa kita sendiri ?perlahan penggunaan Bahasa Indonesia akan hilang dan Indonesia tidak memiliki bahasa nasional. Tapi semoga itu tidak terjadi, kita sebagai penerus bangsa wajib melestarikan budaya leluhur kita yang sudah diwariskan kepada kita. Ayo kita lestarikan Bahasa Indonesia, bahasa nasional kita.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s