Siswa dan Mahasiswa

Hey guys lama juga nih gak ngeblog lagi. Dulu waktu awal ngeblog masih kelas XII atau kelas 3 SMA. Tau gak ?aku sekarang udah mahasiswa loo. Yap, dengan sgala puja dan puji syukur atas kenikmatan Tuhan aku diterima di salah satu Perguruan Tingi Negeri (PTN) yang ada di Indonesia. Aku sekarang menjadi salah satu mahasiswa dari Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Universitas ini terletak di Kota Solo, Jawa Tengah yang juga masuk dalam keresidenan Surakarta.
Bersyukur banget bisa lolos dari SNMPTN Undangan dan diterima di pilihan pertama yaitu FH UNS. Memang dari awal aku pengen banget berkecimpung di bidang hukum. Sebelumnya aku obsesi pengen menjadi seorang perwira polisi, tapi karna beberapa alasan dan seorang polisi mempunya label yang jelek dimata masyarakat, aku mengurungkan niatku itu untuk menjadi seorang taruna polisi.
Mahasiswa, mahanya siswa yang berarti siswa yang paling besar. Kegiatan awal menjadi seorang mahasiswa adalah menjalani osmaru (ospek mahasiswa baru). Osmaru berlangsung pada tanggal 8 – 10 Agustus 2011. Kegiatan ini seru, aku anggep kegiatannya wajar. Aku nganggep seperti itu karna sebelumnya udah terbiasa dengan kehidupan berorganisasi yang sebelumnya diawali dengan kegiatan diklat, ldks, pemantapan dan kegiatan lainnya. Tapi anggapan berbeda di mata mahasiswa lain, ya mungkin karna tidak terbiasa ditempa dan kerja dala keadaan dibawah tekanan. Namanya juga manusia dan sering orang menyebutkan bahwa setiap manusia berbeda – beda.
Seletah berakhirnya kegiatan osmaru, agenda selanjutnya dilanjutkan dengan video conference antara gedung pertemuan tiap – tiap fakultas dengan gedung rektorat. Pada hari kamis itu juga, aku dan teman – teman maru lainnnya langsung mengaplikasikan KRS (Kartu Rencana Studi). Saat kita SMA kita biasa menerima jadwal pelajaran langsung dari guru kita. Saat kuliah, kita mengatur jadwal pelajaran kita sendiri dan itu dinamakan KRS. Kita bisa memilih jam mata kuliah (saat SMA disebut mata pelajaran) kita sendiri, memilih dosen sesuai pilihan kita sendiri. Di hari kamis itu juga aku menyelesaikan KRS ku dan hari jumatnya meminta tanda tangan Dosen PA (pembimbing akademik). Akhirnya selesai juga KRS ku dan hari senin tanggal 15 Agustus 2011 aku siap untuk menjalani kuliah perdana.

Menginjak mahasiswa, aku merasakan banyak perbedaan pada saat aku masih SMA. Kalau SMA, jadwal pelajaran langsung dapat dari guru kita, mata pelajaran sudah diatur, bila absen kita ditegur. Tapi saat mahasiswa aku tidak merasakan lagi hal – hal seperti itu. Masanya sudah berbeda, mahasiswa bukan lagi remaja yang perlu diarahkan lagi tapi menginjak dewasa yang lebih mengarahkan kita untuk berpikir sendiri tanpa ada yang mengarahkan kita lagi. Bisa dikatakan juga bahwa mahasiswa lebih memfilter lagi antara kepentingan bersama dan kepentingan individu. Aku berharap aku bisa menikmati masa – masaku menjadi seorang mahasiswa, masa saat menjalani pendidikan secara akademik ataupun kegiatan diluar akademik, baik itu organisasi, berteman atau kegiatan lainnya.

Tinggalkan Balasan

