Pemilu Fakultas Hukum UNS 2011

Kita semua tau bahwa bentuk pemerintahan kita menganut yang namanya demokrasi. Demokrasi berawal dari kata demos : rakyat dan cratein : pemerintahan. Artinya adalah pemerintahan berasal, oleh dan untuk rakyat. Salah satu ciri – ciri  negara demokrasi adalah adanya pemilihan umum (pemilu). Pemilu adalah sebuah proses dimana rakyat memilih wakilnya untuk menempati jabatan – jabatan tertentu. Jabatan – jabatan yang dimaksud biasanya adalah dalam pemerintahan, organisasi atau lembaga tertentu.
Ternyata, pemilu dapat kita jumpai di dunia pekuliahan. Di kampus saya misalnya. Beberapa waktu FH UNS melaksanakan pemilu fakultas. Pemilu fakultas diadakan untuk memilih Presiden BEM dan Legislatif DEMA yang akan meregenerasi keanggotaan saat ini yang akan purna tugas. Pemilu fakultas ini difasilitasi oleh lembaga ad hock yang dinamakan PPP (Panitia Penyelenggara Pemilu), kebetulan saya salah satu anggota PPP yang ditugasi sebagai koordinator sie acara.
Rangkaian agenda dari PPP ini berlangsung mulai dari tanggal 21 November 2011 dan berakhir pada tanggal 12 Desember 2011. Agenda dari PPP dimulai pada saat pembukaan stan pendaftaran para capres BEM (calon presiden) dan caleg DEMA (calon legislatif). Stan dibuka selama 5 hari, yaitu tanggal 21 – 25 November 2011. Selama stan dibuka, tercatat 16 caleg dan 3 capres yang lolos verifikasi. Setelah diadakan pertemuan untuk para kandidat yang lolos verifikasi, agenda selanjutnya adalah kampanye tertulis dan kampanye dialogis. Kampanye tertulis adalah kampanye yang berbentuk media cetak (pamflet, selebaran, spanduk) dan kampanye dialogis adalah kampanye orasi atau pemaparan visi misi para kandidat yang difasilitasi oleh PPP.
Setelah kampanye, tentu ada masa tenang guna mempersiapkan untuk agenda selanjutnya yaitu pemungutan suara. Pemungutan suara diadakan pada tanggal 7-8 Desember 2011 di depan perpustakaan FH UNS, gedung 1 lantai 2 FH UNS. Pemungutan suara berlangsung secara kondusif dan lancar. Namun sangat disayangkan karna animo mahasiswa yang tidak begitu tertarik untuk memberikan hak suaranya di TPS (Tempat Pemungutan Suara). Hal ini terbukti dengan tercatatnya surat suara yang digunakan hanya sejumlah 619 lembar surat suara. Mahasiswa Fakultas Hukum yang diharapkan untuk menjadi penerus bangsa dan membenahi sistem hukum di Indonesia ternyata masih memiliki label apatis. Sebelumnya PPP telah mempublikasikan tentang adanya pemilu fakultas ini, baik dari pamflet, sms, bbm, facebook dan twitter untuk mengajak mahasiswa – mahasiswa FH UNS berpartisipasi. Tapi ternyata pada kenyataannya masih belum bisa merubah pandangan apatis tersebut.
Perhitungan hasil pemungutan suara dilaksanakan pada tanggal 8 Desember 2011, malam setelah penutupan TPS. Sempat terjadi ketegangan pada saat hendak perhitungan suara. Paniti kuatir apabila catatan surat suara yang keluar tidak sama dengan surat suara yang ada di dalam kotak suara. Ternyata tidak, surat suara yang ada di kotak suara sama dengan yang ada di catatan, yaitu sejumlah 619 surat suara. Saat itu hadir pula beberapa elemen dari KMFH UNS (Keluarga Mahasiswa Fakultas Hukum UNS) untuk menjadi saksi perhitungan suara. KMFH yang hadir antara lain para caleg DEMA, capres BEM, perwakilan UKM, Presiden BEM saat ini, Ketua DEMA saat ini dan beberapa mahasiswa lainnya. Proses perhitungan suara berjalan dengan lancar tanpa ada kendala dan menetapkan 15 caleg dan 1 capres trpilih. Caleg dan capres yang tidak tepilih bersikap lapang dada dan menghormati keputusan PPP yang memenangkan caleg capres terpilih.
Dari kepanitiaan PPP ini saya mendapat banyak ilmu tentang berdemokrasi. Selain itu, saya juga mendapatkan ilmu bagaimana menjadi fasilitator pertarungan politik. Beberapa dari para calon adalah rekan baik saya sehingga disini saya juga harus bersikap netral, independen dan kuat mental. Beruntung bagi saya bisa menjadi PPP, saya berharap agar apa yang saya dapatkan disini akan berguna di masa mendatang. 
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s