Kampus Rakyat, Kampus UNS

UNS, Universitas Sebelas Maret merupakan salah satu perguruan tinggi di Surakarta (Solo). Kampus yang terletak di perbatasan kota Solo memiliki 9 fakultas. Perguruan tinggi ini mengklaim bahwa biaya pendidikan (SPP) yang paling murah di Indonesia, hal ini diutarakan oleh Rektor UNS Prof Ravik Karsidi dalam sambutannya di upacara mahasiswa baru tahun lalu (2011). Dengan biaya yang murah ini maka semua masyarakat dari golongan apapun bisa menempuh pendidikan di kampus ini. Banyaknya beasiswa yang ditawarkan juga bisa menunjang kalangan mahasiswa tidak kuatir akan biaya pendidikan.
Kampus UNS ini tidak hanya menjadi fasilitas untuk mahasiswa menimba ilmu. Setiap senin – jumat aktivitas kampus ini memang untuk menimba ilmu, tapi coba lihat ketika hari minggu. Kita bisa melihat banyaknya masyarakat, terutama masyarakat Solo datang ke UNS. Mungkin mereka menganggap caf free day at campus . Di depan gerbang kampus (biasa disebut beulevard) banyak pedagang berjualan, mulai dari makanan, handphone, pakaian dan bahkan tadi ada panggung dadakan. Masuk kedalam, kita juga bisa menjumpai banyak anak – anak kecil bermain, ada yang bermain sepak bola dan ada juga yang belajar untuk menaiki sepeda. Suasana kampus rindang dan banyak pohon ini mengundang para warga masyarakat untuk menikmatinya. Kampus ini ramah dan terbuka untuk siapa saja. Siapapun boleh masuk dan tidak dipungut biaya sepeserpun, banyak yang mengira bahwa ketika diberi karcis oleh satpam di depan diwajibkan untuk membayar. Tidak, karcis itu tidak berfungsi seperti itu. Ternyata kampus yang dijadikan pusat pendidikan dan sumber ilmu juga bisa mennjadi pusat hiburan bagi warga sekitar dan juga bisa menjadi sumber rejeki bagi pedagang – pedagang di depan kampus itu.
Sayang, momen yang seperti itu tidak ditunjang dengan keamanan lalu lintas. Sering terjadi kecelakaan di depan kampus. Lampu merah yang disediakan disana tidak diindahkan oleh para pengguna jalan, kadang lampu merah masih saja dilewati. Ditambah lagi pengguna jalan itu juga kebanyakan transportasi umum antar kota dan propinsi seperti bis dan truck.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s