Masukan OSMARU 2012

Ini adalah tulisan saya yang saya tulis sebelumnya di daun kering, semoga bermanfaat πŸ™‚

Saya menulis esai ini untuk memberikan saran atau masukan kepada kakak – kakak panitia karena ini adalah salah satu tugas yang diberikan kepada teman – teman pemantri yang juga satu nasib dengan saya. Posisi saya disini sebagai pemantri tentu juga berperan dalam keberlangsungan agenda – agenda osmaru.

Osmaru adalah serangkaian kegiatan yang diadakan guna mengenalkan lingkungan kepada mahasiwa baru. Saat ini osmaru diberikan kepada mahasiwa baru angkatan 2012. Serangkaian kegiatan ini telah dirancang dan diatur oleh mahasiwa angkatan 2009 yang tergabung dalam kepanitiaan. Dalam pelaksanaannya tentu semua mengharapkan agar semua agenda kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan rencana sebelumnya.

Pada pelaksanaan osmaru terdapat dasar hukum yang mendasari kegiatan ini dilakukan. Semua hal yang berkaitan dengan osmaru, baik yang boleh dan tidak boleh dilakukan serta aturan – aturannya telah diciptakan. Sebagai mahasiswa hukum, saya mengharapkan kegiatan osmaru ini dapat berjalan sesuai koridor dasar hukum yang berlaku. Sesuai informasi yang saya dapatkan bahwa sebenarnya osmaru itu telah ada dalam SK rektor nomor 264 tahun 2010. Hingga saat ini (Selasa, 26 Juni 2012) SK itu masih berlaku karena belum ada penerbitan SK yang terbaru. Salah satu subtansi dari SK tersbut adalah tidak adanya atribut organisasi ekstra kampus baik kemahasiswaan ataupun yang lain. Dengan acuan SK itu, diharapkan panitia osmaru Fakultas Hukum dapat mematuhinya dan saya yakin hal ini bisa dilakukan.

Agenda acara merupakan salah satu hal yang penting juga. Rundown acara diharapkan tidak molor dan dapat tepat waktu. Hal yang tidak bisa dipungkiri adalah ketika nanti waktu yang direncakan molor maka akan mengakibatkan efek yang runtutan sehingga hasil yang didapatkan tidak bisa maksimal. Misalnya ada pengisian materi dengan durasi 30 menit, jika molor 10 menit maka durasi waktu tinggal 20 menit. Bisa juga materi tetap diberikan 30 menit tapi dengan konsekuensi waktu untuk selesai acara juga molor, tapi ini tidak mungkin terjadi mengingat osmaru dilaksanakan saat bulan puasa. Panitia dan peserta pasti ingin berbuka puasa dengan keluarganya di rumah masing – masing.

Di kepanitiaan osmaru telah terbagi job desk masing – masing. Mestinya wajib hukumnya bagi pantia yang telah mendapatkan jobnya untuk menyelesaikan pekerjaan yang dibebankan kepadanya, termasuk juga saya sebagai pemantri. Job desk tersebut tentunya juga harus diimbangi dengan hak dan kewajibannya bagi masing – masing panitia sehingga tidak terjadi kerancuan dalam melaksanakan tanggung jawabnya. Misalnya seorang kordinator berhak untuk memimpin bidangnya, begitupula anggotanya, mereka wajib menghormati kordinatornya.

Dalam melaksanakan sebuah kagiatan seperti halnya osmaru, komunikasi dan kordinasi merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan. Komunikasi dan kordinasi dibutuhkan oleh setiap orang ketika mereka bekerja dalam satu tim. Di kegiatan osmaru ini dibutuhkan komunikasi dan kordinasi oleh semua pihak. Pihak yang dimaksud disini tentunya adalah pihak penyelenggara. Dalam hal ini diharapkan kerja sama antara panitia, pemantri dan juga pihak kampus (birokrat kampus) agar tidak terjadi miss komunikasi. Bekerja dalam tim sama halnya dengan sebuah tubuh. Sebuah tubuh memiliki banyak organ dan anggota tubuh yang masing – masing memiliki fungsi. Fungsi dari masing – masing anggota tubuh itu bersistem sehingga jika ada salah satu yang tidak berfungsi akan menghambat fungsi dari anggota tubuh yang lain. Demikian masukan untuk OSMARU tahun 2012.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s