Anak Jalanan

Kehidupan nyaman tanpa ada gangguan dari apapun adalah sesuatu yang diharapkan oleh semua orang dimuka bumi ini, termasuk juga aku. Aku ingin sekali sehari untuk berdiam diri dan tak seorangpun mengusik ketenanganku. Tapi jika nanti aku diam, aku akan makan apa ?Aku hanyalah seorang anak jalanan yang tulang lantung hidup penuh ketidakpastian. Hidupku kuhabiskan di jalanan dengan mengamen dan meminta belas kasihan dari orang lain yang lebih beruntung dariku.

Satpol PP dan suara sirine selalu menghantuiku ketika aku mencari uang untuk membeli sebungkus nasi. Setiap hari aku berpacu dengan detik – detik yang ada di sebuah layar lampu merah untuk menandakan durasi lama lampu berwarna merah. Jika tidak sigap maka aku akan kalah bersaing dengan teman – teman yang nasibnya juga tidak lebih baik dariku. Belum lagi mereka yang mengaku senior dan menganggap wilayah kekuasaannya terganggu oleh keberadaanku.

Terik panas matahari adalah sahabatku, dinginnya malam teman kesepianku dan lapar adalah musuhku. Aku tidak ingin musuhku mendatangiku, aku telah terbiasa dengan panasnya siang hari dan dinginnya malam hari. Aku berkawan dengan mereka untuk melawan musuhku, kelaparan. Ironis memang hidupku ini. Tidak ada seorangpun yang ingin bernasib sepertiku.

Di masa seperti ini, aku sebenarnya ingin bermain – main dengan teman – teman yang lainnya. Aku juga ingin pergi ke sekolah untuk mendapatkan pendidikan. Tapi lama kelamaan aku mulai akrab dengan dunia ini, inilah aku anak jalanan. Disini aku bisa mendapatkan uang untuk makan, aku disini juga bisa mendapatkan ilmu, ilmu bagaimana caranya aku bisa bertahan hidup dengan keadaan seperti ini. Di sela – sela aku mencari uang, aku masih bisa bermain dengan teman – teman sebayaku. Walaupun hanya permainan kejar – kejaran dan saling mengolok. Tapi ini sudah membuatku bahagia, ya bahagia sebagai anak jalanan.

Selamat Hari Anak Nasional

23 Juli 2012

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s