Sekedar Menulis Tentang “Politik, Pemimpin dan Kekuasaan”

Politik adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Pengertian ini merupakan upaya penggabungan antara berbagai definisi yang berbeda mengenai hakikat politik yang dikenal dalam ilmu politik.

Politik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional.

Di samping itu politik juga dapat ditilik dari sudut pandang berbeda, yaitu antara lain:

  1. politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama (teori klasik Aristoteles)
  2. politik adalah hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan negara
  3. politik merupakan kegiatan yang diarahkan untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan di masyarakat
  4. politik adalah segala sesuatu tentang proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik. (1)

Negara Indonesia tidak dapat dilepaskan begitu saja kaitannya dengan sebuah istilah politik. Bahkan tidak hanya Indonesia saja, melainkan juga di sebuah negara. Megawati, mantan Presiden RI dalam seminarnya di Universitas Innsbruck, Austria 15 Mei 2012 menanggapi pernyataan peserta seminar ”Karena katanya politik itu kotor. Padahal, tanpa politik tak ada negara” Megawati menanggapi, politik dibutuhkan untuk menjamin kesejahteraan rakyat. Dan, yang menjalankan aktivitas politik itu salah satunya adalah partai politik. ”Tidak ada demokrasi tanpa partai politik. Karena itu, jangan membenci parpol,” (2)

Politik merupakan hal yang lumrah, bahkan proses politik digunakan untuk mendapatkan sebuah kekuasaan. Hal ini lumrah dan diakomodir oleh konstitusi kita. Kita bisa melihat beberapa saat lalu ibukota negara kita sedang melaksanakan pesta demokrasi untuk menentukan kepala daerahnya, dan tidak asing lagi beberapa partai politik berlaga disana agar kadernya bisa meraup suara rakyat dan memenangkan kompetisi pesta demokrasi.

Bagi saya tidak ada yang salah mengenai politik. Namun disayangkan ada segelintir orang yang menganggap bahwa politik adalah hal yang busuk. Kalau politik itu busuk, berarti negara ini juga busuk ?Sejatinya politik juga sama halnya dengan berkompetisi. Dimana – mana berkompetisi ada yang menang dan ada yang kalah. Yang menang tentu mendapatkan hal yang lebih dari yang kalah. Para pendiri bangsa kita dahulunya jiuga membangun negara ini juga dengan berpolitik, Soekarno – Partindo, Hatta – PNI.

Pemimpin dan Kekuasaan

Ketika seseorang sudah mendapatkan sebuah kekuasaan, tentu ia ingin memanfaatkan kekuasaannya itu untuk menjalankan apa yang telah ia rencanakan, dalam hal ini biasa kita sebut dengan visi dan misi. Orang tersebut tidak dapat menjalankan tujuannya itu tanpa dukungan lingkungan sekitar dan juga timnya, maka tidak mengherankan ketika seorang pemimpin itu memilih orang – orang yang menurutnya bisa bekerja sama dan satu pikiran dengannya. Begitupula ketika ia merasakan tidak pas dengan timnya, ia berhak untuk memilih mana yang baik. Misalnya Presiden SBY yang pernah reshuffle timnya (mentri). Momen itu tidak lepas dari pro kontra, bukan mengenai wamen tapi mentri yang menjabat saat itu. Tidak jarang seorang pemimpin mendapati pilihan yang sulit, tapi ia harus memilih untuk memcahkan masalah tersebut. Salah satu alternatif memecahkan masalah yaitu dengan musyawarah, namun apa yang terjadi jika musyawarah tidak bisa mengakomodir semua pihak ?Tentu ia memiliki pilihan dan cara sendiri, sekalipun ia mendapatkan hujatan yang dinilai orang lain tidak sependapat dengannya.

1.http://id.wikipedia.org/wiki/Politik

2.http://nasional.kompas.com/read/2012/05/15/02463535/Politik.Itu.Kotor.tetapi.Jangan.Benci.Parpol

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s