Perpanjangan Masa Berlaku SIM di Surabaya (1)

Surabaya, hampir semua rakyat Indonesia mendengar nama kota ini. Surabaya memang dikenal sebagai kota pahlawan, sampai – sampai dibangunlah monumen tugu pahlawan di kota ini. Pada kesempatan ini saya tidak ingin menceritakan sejarah mengenai Surabaya, melainkan ingin sedikit berbagi cerita mengenai Surabaya. Saya ingin menceritakan tentang pengurusan perpanjang masa berlaku Surat Ijin Mengemudi (SIM).

Bulan Mei ini masa berlaku SIM saya sudah lewat. Sebenarnya keinginan untuk mengurus perpanjang masa berlaku SIM sudah jauh – jauh hari saya rencanakan, namun karena saya tertimpa musibah sakit dan bertabrakan dengan jadwal ujian kuliah maka rencana saya mundurkan menjadi tanggal 24 Mei 2013. Saya sengaja pulang di hari Sabtu agar sempat bertemu dengan teman – teman saya di hari Sabtu dan Minggu, hari Senin saya luangkan untuk mengurus perpanjang masa berlaku SIM saya dan hari Selasa untuk keluarga.

Senin pagi saya browsing internet mencari info prosedur perpanjang masa berlaku SIM. Menurut informasi yang beredar ada peraturan baru jika terlambat mengurus perpanjangan masa berlaku SIM maka diwajibkan untuk mengulang prosedur seperti membuat SIM baru. Berhubung saya mahasiswa fakultas hukum, saya mencari tau dasar hukumnya. Ternyata benar, ada aturan Peraturan Kapolri No. 9 Tahun 2012 yang menyatakan seperti itu. Setahu saya setelah peraturan masuk pada lembaran negara maka peraturan itu bisa diberlakukan. Tentu hal ini membuat saya berpikir saya harus mengurus SIM baru sesuai prosedur dan harus mengantri.

Tidak berhenti disitu, saya mencari informasi lagi dan akhirnya ada situs humas polri yang membuat saya cukup bahagia karena ternyata aturan itu masih tahap sosialisasi sampai dengan enam bulan terhitung sejak 1 Maret 2013. Saya mencari informasi tentang SIM keliling di Surabaya, akhirnya saya temukan nomor 0818572400 , 03170162813. Dan bertanya dimana saja lokasi SIM keliling di Surabaya. Pelayanan melalui telepon dilayani dengan ramah dan akhirnya saya menuju Tunjungan Plaza untuk ke SIM Corner.

4 pemikiran pada “Perpanjangan Masa Berlaku SIM di Surabaya (1)

  1. tgl berapa ngurusnya dan apa sudah mati sim nya bro?
    menurut aturannya per 1 maret 2013 kalo sdh mati hrs urus baru ya?
    punya saya sim nya jg sdh mati 3 bln an nih broo….
    apa hrs urus spt baru?? thks..

    • Mengurusnya tanggal 27 Mei 2013, sudah mati dari awal Mei. Iya kalau menurut Perkap urus baru, tapi ini masih tahap sosialisasi broo. Mati berapa lamapun sepertinya masih bisa diperbarui selama proses sosialisasi ini. Btw, saya kurang paham sampai kapan sosialisasinya

  2. makasih atas info yang diberikan dan nomor telfon tersebut sangat bermanfaat
    hingga saat ini yang perlu dipahami jika keterlambatan sebelum 1 tahun masih bisa dilakukan di sim keliling.
    kareba jatuh tempo saya tgl 29-11-2013 dan saya baru menyadari pada tanggal 27-01-2014.
    suxes ya untuk anda

Tinggalkan Balasan

