Perpanjangan Masa Berlaku SIM di Surabaya (2)

Disini saya ingin berbagi cerita mengurus perpanjangan masa berlaku SIM di Surabaya. Masyarakat sudah tSIM Corner Tunjungan Plaza Surabayaau jika ada layanan SIM Keliling dari Polri. SIM Keliling adalah layanan perpanjangan masa berlaku SIM guna menjangkau berbagai daerah untuk memudahkan masyarakat dengan truck yang dimodifikasi. Awalnya di Surabaya SIM Keliling ada di Tunjungan Plaza, salah satu mall Surabaya. Namun belakangan kini diperluas ke taman – taman dan mall lainnya.

Mall sudah menjadi gaya hidup sehari – hari warga Surabaya. Bahkan, saat ini mall tidak hanya menjadi tempat untuk berbelanja dan nongrong saja, tapi juga untuk membuat E-KTP dan perpanjang masa berlaku SIM. Di Tunjungan Plaza terdapat SIM Corner, letaknya di TP 1 paling pojok bersebelahan dengan kantor cabang BCA dan ATM Center. Disinilah saya mengurus perpanjangan masa berlaku SIM saya. Berikut langkah – langkah yang saya lakukan saat itu

  1. Bawa KTP dan SIM asli
  2. Bawa fotokopi KTP dan SIM yang akan diperpanjang (A dan C), masing – masing dua
  3. Ambil formulir dan membayar Rp 50.000,- (Rp. 30.000,- Asuransi dan Rp. 20.000,- tes kesehatan). Berhubung saya mengurus SIM A dan C maka saya membayar Rp. 100.000,-
  4. Tes kesehatan di pos yang disediakan
  5. Membayar biaya pengurusan perpanjangan masa berlaku SIM di loket Bank BRI yang sudah disediakan (SIM A : Rp. 85.000,- dan SIM C Rp. 70.000,-). Untuk mengurus keduanya berarti Rp. 155.000,-
  6. Mengisi formulir yang sudah diberikan tadi (poin 2) sesuai dengan contoh yang ditempel pada lokasi
  7. Setelah mengisi formulir, kumpulkan pada loket awal mengambil formulir
  8. Menunggu panggilan untuk diambil foto (saat foto periksa ulang data diri)
  9. Setelah diambil foto dan periksa data diri menunggu untuk SIM jadi, tidak perlu ditinggal karena sekitar 10 menit SIM sudah jadi.

Mudah dan singkat untuk mengurus perpanjangan masa berlaku SIM saya di Surabaya, total saya mengeluarkan uang Rp. 255.000,-. Di SIM Corner ini bisa untuk mengurus perpanjangan masa berlaku SIM A dan C saja. Adanya SIM Corner ini sangat membantu saya dan mungkin warga Surabaya lainnya. Semoga pelayanan yang diberikan tetap baik, professional dan tanpa pungli.

Tinggalkan Balasan

