Pelantikan DEMA FH UNS Periode 2013 Minus KMFH

Bisa dibilang saya terlambat menuliskan ini, tulisan ini sekaligus memperkenalkan dan memberitahukan kepada khalayak bahwa saya dan beberapa kawan saya sudah tidak berpredikat sebagai anggota BEM Kabinet BERANI lagi.

Surakarta, 5 Juni 2013 memang merupakan hari bersejarah bagi saya. Di hari Rabu sore itu akhirnya saya dilantik sebagai anggota Dewan Mahasiswa (DEMA) FH UNS Periode 2013 bersama lima anggota lainnya. Seharusnya 13 calon anggota DEMA dilantik, namun karena beberapa alasan akhirnya hanya enam anggota saja menghadiri acara pelantikan tersebut. Bukan salah mereka juga menurut saya, karena tidak ada kordinasi jauh hari sebelum pelantikan ini terjadi. Beberapa alasan anggota DEMA terpilih yaitu ada sanak keluarga mendapat musibah, panitia seminar Bawaslu, adanya jam kuliah tambahan, dan persiapan untuk kompetisi. Bukan hanya calon anggota DEMA saja yang tidak hadir dalam pelantikan ini, tetapi juga tamu undangan yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa FH UNS (KMFH).

Dalam KMFH hingga saat ini terdapat dua lembaga politik (BEM, DEMA), delapan UKM (Fosmi, Teater Delik, KSP Principium, LPM Novum, Gopala Valentara, Korfah, KMK FH, PMK FH) dan empat komunitas (MCC, KDFH, VJ, ELC), juga beberapa angkatan mahasiswa (2008, 2009, 2010, 2011, 2012). Pengurus dari ormawa dan angkatan pernah menghadiri kontrak politik antara KMFH dan calon anggota DEMA dan Presiden BEM saat sebelum para calon bertarung memperebutan suara pada Pemilu FH UNS 10-11 April 2013.

Setelah hampir dua bulan hasil Pemilu diketahui dan disahkan, barulah anggota DEMA dilantik. Sayang, pada saat pelantikan anggota DEMA Periode 2013 ini hanya dihadiri satu undangan dari internal FH UNS, KSP Principium oleh Mas Danang Eko selaku ketua dan Mas Dimas Prakoso selaku perwakilan DEMA UNS. Pembantu Dekan III Bapak Hernawan Hadi dan Pembina DEMA-pun Bapak Achmad tidak menghadiri pelantikan ini.

Setelah dikonfirmasi kepada panitia pelantikan sebenarnya sudah ada undangan melalui surat kepada masing – masing ormawa. Saya menyayangkan sekali keadaan seperti ini karena sebelumnya saya telah berinteraksi dengan kawan – kawan KMFH pada kontrak politik, bahkan sebelumnya. Sempat ada usulan untuk menunda pelantikan ini agar KMFH hadir dengan lengkap. Hal ini dikarenakan saat itu seminar dari Bawaslu masih berlangsung di Lor In, banyak mahasiswa FH disanadan keesokannya adalah hari libur, prediksi saya banyak mahasiswa FH yang pulang ke kota asalnya. Tapi, usulan saya ini tidak dapat direalisasikan. Saya meyakini sebenarnya kawan – kawan KMFH masih peduli dengan DEMA. Buktinya, saat kontrak politik mereka menghadirinya. Mereka meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk mewujudkan FH lebih baik melalui forum kontrak politik.

Lalu, ada apakah dengan DEMA? Apakah ini juga sebuah sinyalmen bahwa DEMA hanyalah segelintir mahasiswa yang tidak berkontribusi pada KMFH sehingga kekecewaannya ditunjukan dengan hal ini? Ini menjadikan tamparan keras bagi saya dan kawan – kawan yang tergabung dalam DEMA Periode 2013 ini.

Semoga DEMA Periode 2013 menjadi periode kebangkitan. Harapannya juga agar kawan – kawan anggota DEMA saat ini dapat terbang bersama untuk membawa DEMA FH UNS menjadi lebih baik lagi. 

Hidup Mahasiswa !

Hidup Rakyat Indonesia !

Salam Garuda !

Tinggalkan Balasan

