Go Green UNS, PHP !

Isu lingkungan saat ini sedang menjadi trending topic di lingkungan kampus UNS saat ini. Konsep peduli dengan lingkungan di aplikasikan dengan program go green. Pada acara dies natalies ke 37 panitia mengadakan penanaman pohon di sekitar kampus dan bersih kali pepe sebagai agenda pengabdian masyarakatnya. Untuk menunjang program ini, UNS membangun trotoar ring road mengitari komplek rektorat hingga UPT Lab. Komputer

Senin lalu, tanggal 10 Juni 2013 UNS menjadi sepuluh besar lomba green creativity yang diadakan oleh Kompas bekerjasama dengan Tupperware. Senin pagi itu kegiatan dibuka oleh Rektor UNS. Kegiatan maraton go green ini antara lain penanaman pohon, talk show, pelatihan paper less, pelatihan membuat kompos dan kegiatan menunjang go green lainnya. Pada kesempatan ini juga ada launching situs go green UNS oleh Rektor UNS. Program ini patut kita apresiasi karena tujuannya adalah untuk merawat bumi kita dari kerusakan yang lebih parah lagi.

Bagaimana implementasi go green di UNS ?

Setelah mendeklarasikan kepeduliannya terhadap lngkungan, tentunya kita menantikan keberjalanan program tersebut. Masyarakat sudah mengenal UNS sebagai kampus yang hijau, penuh dengan pohon yang rindang. Seharusnya sebelum ada program bersih kali pepe 31 Mei 2013 lalu, ada program danau UNS bersih. Mengapa? Coba saja kita mengunjungi hotspot danau UNS yang letaknya di sekitar fakultas pertanian, sampah masih saja berserakan dan parahnya lagi tidak tersedianya tempat sampah di lokasi tersebut. Kita membersihkan rumah orang lain tapi rumah kita sendiri juga masih kotor.

Pencerdasan kepada masyarakat kampus UNS masih kurang, belum ada pemerataan secara menyeluruh. Jika memang program  ini dilaksanakan dengan total, harusnya juga ada policy untuk mengurangi produk – produk yang sulit untuk didaur ulang. Masih bisa kita temui dengan mudah sampah sisa makanan terbuat dari plastik, padahal sampah tersebut berasal dari kantin ataupun pedagang yang masuk kampus. Harusnya ada sebuah himbauan atau bahkan aturan untuk tidak menggunakan bahan non-organik. Mudah untuk melaksanakannya karena kantin merupakan tempat yang senagaja disewakan oleh pihak UNS, berikan saja syarat tambahan agar penjual makanan menggunakan kertas daur ulang bukan plastik lagi.

Deklarasi UNS sebagai green campus sepertinya perlu kita berikan masukan – masukan yang lebih banyak lagi. Selain masukan, kita juga wajib melaksanakan  program ini karena sejatinya yang merasakan dampaknya juga kita sendiri. Jangan sampai program go green ini hanya sebatas pencitraan bagi UNS saja.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s