Urgensi Daftar Pemilih Pada Pemilihan Umum (Pemilu UNS bagian 1)

Daftar Pemilih Tetap atau yang sering kita singkat dengan DPT adalah nama-nama siapa saja yang memiliki hak suara untuk bisa digunakan dalam Pemilihan Umum (Pemilu) [1]. Pada tahun 2013 ini, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU) mulai menetapkan DPT yang notabennya Pemilu masih sekitar empat bulan lagi.

Seperti yang telah disebutkan tadi, DPT penting untuk pelaksanaan Pemilu., selain menentukan siapa yang memiliki hak untuk memberikan suara juga untuk memperhitungkan kekuatan masa pendukung dari partai politik peserta Pemilu itu sendiri. Dari daftar DPT yang adapun, KPU dapat menentukan berapa logistik yang dibutuhkan untuk pelaksanaan Pemilu. Sebelum DPT ditetapkan, KPU melalui situsnya http://www.kpu.go.id menganjurkan kepada masyarakat untuk memeriksa apakah namanya sudah tercantum, saat belum tercantum pengantisipasian tersebut bisa dilakukan sebelum ditetapkannya DPT.

Karena pentingnya DPT, pada penetapannya Senin 4 November 2013 lalu bisa kita katakn KPU sempat bersitegang dengan partai peserta pemilu dan Bawaslu. Akibat dari penetapan ini, pihak-pihak yang berkepentingan dalam Pemilu bereaksi turun lapangan untuk membandingkan data yang mereka dapatkan [2]. Para peserta Pemilu tentu akan merasa curiga apabila DPT ini tidak beres, tidak menutup kemungkinan rekayasa suara dapat dilakukan. Jika ini dibiarkan maka pertarungan akan terjadi tidak sehat.

Keadaan di UNS

Sepertinya pengurusan tentang DPT di republik ini memang sangat rumit. Kita semua tahu bahwa Indonesia adalah negara kepulauan yang terbentang dari Sabang hingga Marauke. Ternyata menentukan DPT di kampus UNS juga terlihat rumit. Hal ini sempat menjadi pertanyaan dan diklarifikasi oleh KPU UNS ketika tidak tercantumnya angkatan 2008 atau mahasiswa yang masih aktif menjadi mahasiswa. Dengan alasan hanya mendapat daftar nama mahasiswa angkatan 2009-2013 tanpa mengurangi hak pilih mahasiswa diluar angkatan tersebut, cukup dengan menunjukan tanda bukti bahwa masih tercatat sebagai mahasiswa maka mahasiswa tersebut dapat menggunakan hak suaranya. Sangat disayangkan, ketika kampus yang kita banggakan sebagai miniatur Indonesia ini ternyata pada pelaksanaan Pemilu dalam hal DPT ternyata masih mengalami masalah.

[1] http://politik.news.viva.co.id/news/read/733-kamus_pemilu

[2] http://www.tribunnews.com/nasional/2013/11/13/nasdem-bentuk-tim-validasi-dpt-bermasalah

#Bersambung

Iklan

Satu pemikiran pada “Urgensi Daftar Pemilih Pada Pemilihan Umum (Pemilu UNS bagian 1)

  1. Ping balik: Penyediaan Logistik sebagai Pemenuhan Hak Pemilih (Pemilu UNS bagian 2) | Prayogo Kurnia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s