Guru, Tokoh Pejuang Pembentuk Karakter Bangsa

Siapa tak mengenal sosok satu ini? Pahlawan tanpa tanda jasa adalah sebutannya. Guru merupakan profesi yang kesehariannya mendidik siswanya. Di masa pelajar dulu kita masih ingat betapa sabarnya kita dituntun untuk mengucap kata demi kata sehingga bisa membaca satu kalimat.

Saat kita menjadi mahasiswa, guru masih saja mendidik siswanya di kelas. Mungkin saat kita menjadi orang besarpun beliau juga masih setia untuk menjadi seorang pendidik. Menjadi pendidik tidaklah cukup hanya dengan ilmu pengetahuan saja, seorang guru harus menganggap siswanya sebagai anaknya sendiri. Dengan demikian, tujuan mendidik dapat terwujud. Tanggung jawab seorang guru sangatlah besar. Siswa yang dididiknya kini adalah generasi penerus bangsa, sehingga masa depan bangsa ada di tangan guru. Melalui pendidikan yang diberikan oleh guru, seorang anak manusia dapat menentukan arah masa depannya kelak.

Seorang guru memang sama halnya berjuang untuk membangun bangsa. Bahkan beberapa tokoh pergerakan Indonesia dulu juga melakukan demikian, Soekarno, Hatta, Syahrir dan Tan Malaka misalnya. Sebelumnya mereka juga pernah menjadi seorang pengajar. Tak lain ini dilakukan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengangkat martabat bangsa di mata dunia.

Sebagai bangsa yang besar, Indonesia membutuhkan karakter yang kuat untuk mempertahankan keutuhan bangsa. Sebuah karakter dapat tercipta melalui pendidikan yang diterimanya, ini didapatkan dimana ia bersekolah. Intensitas interaksi dan proses belajar di lingkungan sekolah oleh guru turut mempengaruhi karakter siswanya.

Misalnya saja ketika ujian, dengan cara persuasif guru memberitahukan bahwa itu adalah tindakan curang, tidak terpuji dan dilarang untuk dilakukan. Apabila dari hal kecil ini saja siswa bisa menerapkan ujian jujur maka kelak siswa itu jika menjadi pemimpin jujur.

Prayogo Kurnia
Sekjend Dewan Mahasiswa
Fakultas Hukum UNS

Dimuat dalam okezone

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s