Terselubungnya Atribut Kampanye di Mobil

Setelah beberapa kali mengkritisi Pemilu yang terjadi dalam lingkup kampus, ternyata mengkritisi Pemilu di republik ini sepertinya juga cukup menarik. Menariknya lagi adalah dinamika peristiwa Pemilu di tingkat negeri ini juga terjadi dalam lingkungan kampus. Dalam tulisan ini kampus yang dimaksud yaitu Universitas Sebelas Maret (UNS), salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di kota spirit of java, Surakarta Jawa Tengah.

Rabu, empat Desember 2013 memang tidak ada acara kampus di lingkup Fakultas Hukum sehingga aktivitas mahasiswa di kampus ini hanyalah kegiatan belajar mengajar. Di kampus ini, lokasi parkir antara sepeda motor dan mobil memang berdekatan. Terdapat dua lokasi parkir mobil, bersebelahan dengan parkir sepeda motor dan berdekatan dengan gedung I. Gedung ini merupakan pusat perkuliahan bagi mahasiswa.

Saat berjalan menuju ke gedung I ada salah satu mobil yang berbeda diantara lainnya. Mobil Honda Brio merah berplat nomor AD 9492 PU ini menarik perhatian bukan karena masih model baru atau baru dibeli. Namun pada dekorasinya terdapat sedikit gambar yang cukup nyentrik, yaitu adanya gambar calon legislatif (Caleg) DPRD Kota Surakarta. Ini dapat dikatakan sebagai atribut kampanye karena mengandung unsur gambar caleg, partai dan nomor urutnya.

Memang tidak disebutkan adanya pelarangan atribut kampanye yang menempel dalam pada mobil pada Peraturan KPU No 15 Tahun 2013, bahkan Panwaslu Kota Yogyakarta juga mengakui pengawasan terhadap atribut di mobil sulit dipantau (antara). Sebenarnya sang ketua Panwaslu mengkhawatirkan jika jumlah mobil seperti ini banyak digunakan dan dapat mengganggu ketertiban di masyarakat. Di daerah lain, Panwaslu Kabupaten Bantul melarang kampanye dengan model seperti ini dengan alasan mencegah kecemburuan antar caleg (antara).

Inilah yang sering kita sebut dengan celah hukum, namun disamping itu etika dalam berkompetisi juga perlu diperhatikan. Diharapkan semua kontestan demokrasi dapat berkompetisi dengan fair agar suksesi pemerintahan di negara ini dapat berjalan sesuai dengan asas LUBER JURDIL.

Iklan

Satu pemikiran pada “Terselubungnya Atribut Kampanye di Mobil

  1. Ping balik: Masuknya Atribut Kampanye dalam Kampus | Prayogo Kurnia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s