Sosialisasi KKN (lagi) Jumat 3 Januari 2014

Tet tot, sepertinya tidak ada kata bosan untuk mengulas tentang Kuliah Kerja Nyata (KKN). Yap, kampus tercinta Universitas Sebelas Maret (UNS) ini kembali akan memberlakukan KKN sebagai mata kuliah wajib bagi semua mahasiswanya yang mulai masuk pada tahun 2011 setelah 15 tahun vakum. Salah satu alasan diberlakukannya lagi KKN ini adalah sebagai sarana pengabdian masyarakat (tri darma perguruan tinggi: pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat).

Kita sebagai mahasiswa sepertinya perlu merefleksikan diri lagi bahwa kita memiliki tanggung jawab moral kepada masyarakat karena uang kuliah (SPP, UKT, BPI, BOPTN, dan lainnya) merupakan hasil subsidi yang salah satunya diperoleh dari masyarakat yang membayar pajak! Jadi uang kuliah yang selama ini kita bayarkan itu karena sudah dikurangi subsidi, begitu cuk.

Ok cuk, tulisan ini sengaja saya buat santai agar pembaca tidak bosan membacanya hehe. Kali ini saya mengikuti sosialisasi KKN di Gedung F FKIP UNS (Jumat, 3 Januari 2014) dan launching majalah Motivasi dari LPM Motivasi FKIP UNS edisi 42 yang mengulas tentang KKN.

Sebenarnya tidak ada penjelasan signifikan yang berbeda dari sosialisasi – sosialisasi KKN sebelumnya. KKN akan dikelola oleh Unit Pelaksana KKN (UP-KKN) yang diketuai oleh Dr. Sc. Agr. Rahayu, S.P.,M.P. Pada sosialisasi ini hadir beliau dan Anam. Anam merupakan salah satu mahasiswa yang menjadi try out KKN pada bulan Agustus 2013 lalu. Dengan sukarela Anam mengatakan “saya ini kelinci percobaan KKN”. Anam sedikit berbagi cerita pengalamannya yang pernah melangsungkan KKN di Wonogiri.

Jadwal pelaksanaan dan Syarat

Pak Rahayu kembali mengingatkan kepada semua peserta bahwa KKN akan dimulai pada tahun ini, sekitar bulan Juli atau Agustus. Memang belum ada kepastian karena masih dikaji. Tidak usah kuatir jika tidak mengikuti pada gelombang I karena akan ada lagi pada bulan Januari 2015. KKN akan dilangsungkan selama kurang lebih 45 hari atau satu bulan dua minggu (7 hari persiapan, 30 hari pelaksanaan, 7 hari pelaporan). Syarat untuk dapat mengikuti KKN antara lain: telah menempuh 110 SKS, sehat jasmani rohani, diijinkan fakultas, tidak sedang praktek, rekening BNI sudah mencapai nominal Rp 1.200.000,- dan tidak sedang hamil (dengan nada canda haha!). Tambahan dari saya: mendapat restu orangtua dan pacar. Cieeehh…!

Prosedur

Ciaattsss… Sekiranya setelah rekan-rekan sudah memenuhi syarat dan ingin mendaftar. Langkah selanjutnya adalah mendaftar. Bagaimana caranya? Dengan online facebook. ~Halaahh opo to cuk?! jangan hiraukan. Seperti biasa, namanya juga mata kuliah jadi rekan-rekan daftarnya lewat KRS via Siakad. Eiiiits tidak perlu kuatir, ini tidak ada kelas, pilihan dosen dan rebutan classmate apalagi rebutan cewek/ cowok haha karena yang menentukan kelompoknya adalah UP-KKN (Yakh, padahal ngarep biar sekelompok sama pacarnya nih, eng ing eng wkwk). Nah setelah input di KRS rekan-rekan juga harus mengakses kkn.lppm.uns.ac.id untuk log in lagi dan registrasi. ID dan password sama dengan siakad karena telah terintegrasi. Jadi kalau tidak input KKN di KRS maka juga tidak bisa mengakses situs KKN.

Setelah registrasi di situs KKN, langkah selanjutnya adalah memilih tema dan wilayah. Nanti akan ada pilihan di situs tersebut. Tema dan wilayah sudah ditentukan karena konsep KKN adalah tematik integratif. Setelah mendaftar, maka pada bulan Maret akan diumumkan kelompoknya. Setelah diumumkan dianjurkan kepada kelompok tersebut mengobservasi tempat yang telah ditentukan untuk memudahkan beradaptasi saat KKN. Pada bulan Mei akan ada pembekalan yang dilakukan oleh UP-KKN untuk persiapan berangkat.

Oh iya, lokasi KKN nanti cuman di sekitar Jawa Tengah, untuk di Jawa Timur baru Kabupaten Ngawi. Jika tidak ingin repot ya silahkan ikuti prosedur yang telah ditentukan, tapi jika rekan-rekan merasa kreatifitasnya dibatasi silahkan membuat KKN sendiri dengan syarat kelompok delapan sampai sepuluh orang yang terdiri minimal dari tiga fakultas, KKN selama 42 hari, biaya sendiri (mencari CSR Perusahaan, Dikti, TNI dan lainnya). Selanjutnya meminta rekomendasi dari UP-KKN, akan disetujui atau tidak.

Biaya

Biaya mengikuti KKN sebesar Rp. 1.200.000,- . Peserta akan mendapatkan seragam (kaos KKN), identitas KKN (yang akan digunakan setiap hari sebagai identitas peserta), makan (Rp 17.500 per hari), insentif menginap (bisa di rumah warga, balai desa atau camping sendiri pakai tenda hehe), dan satu lagi ada asuransinya loo. Nah, pembayarannya lewat rekening BNI, dan rekening tersebut juga terintegrasi ke pihak UNS. Ya sama dengan cut-off pembayaran uang kuliah.

Bagi rekan-rekan yang tidak ingin mengikuti KKN integratif biayanya ditanggung sendiri, bisa dikatakan sebagai KKN mandiri. Yuhuuuu

Tidak ada kekhususan bagi mahasiswa bidik misi, semuanya membayar sama. Sayangnya belum ada alternatif apabila benar-benar tidak mampu, tapi tidak usah kuatir akan saya bantu carikan jalan wkwk. Untuk UKT (angkatan 2012-seterusnya) masih tetap membayar looh, nah ini seharusnya tidak boleh. Ayo protes! Aksi? Yooohh siaap hehe.

Tips

Nah sebelum rekan-rekan terjun ke lapangan baiknya rekan-rekan juga menyiapkan beberapa hal seperti uang tambahan, persiapan jasmani dan kesehatan, memiliki pemikiran open mind, bagaimana berpendapat dengan santun, belajar bahasa daerah setempat (maaf, misalnya kalau di daerah Cilacap, Banyumas dan sekitarnya), bagaimana mengaplikasikan ilmu yang dimiliki. Semua ilmu akan dibutuhkan saat KKN, tidak perlu kuatir. Tinggal bagaimana cara kita mempraktekkannya.

Pak Rahayu juga mengingatkan untuk tetap kompak, saat ada masalah diselesaikan internal jangan sampai warga tahu. Juga menjaga tingkah laku kita karena kita membawa nama almamater. Hmm sapa tau ada warga yang tertarik dengan rekan-rekan dan menawarkan anaknya untuk dinikahi heuheuheu.

Ah hanya itu saja yang bisa saya bagi karena saya juga bingung membaca tulisan saya yang lumayan jelek ini. Tapi bisa lah untuk dikomentari dan berdiskusi, semoga saja saya masih ingat dengan bahan sosialisasi tadi. Oh ya bagi yang ingin mendapatkan majalah Motivasi yang mengulas tentang KKN (ngiklan nih, harusnya dapetroyalty) bisa ke Sekretariat LPM Motivasi (Gedung KBM FKIP UNS) atau kontak ke 0856 9336 5463 (Imron) 0857 2834 6880 (Janah). Situs KKN: kkn.lppm.uns.ac.id

Semoga Bermanfaat

Hidup Mahasiswa

Hidup Rakyat Indonesia

Salam Garuda

Iklan

3 pemikiran pada “Sosialisasi KKN (lagi) Jumat 3 Januari 2014

    • Untuk angkatan 2011 ke BNI, karena buku tabungannya memang tidak diberikan oleh karenanya mahasiswa menanyakan terlebih dahulu ke CS. Sifatnya sama seperti pembayaran SPP/ UKT yaitu dengan cut off jadi tidak ada form pembayaran. Yang ada adalah setor ke rekening dan selanjutnya akan didebet sendiri oleh pihak bank untuk disetor ke UNS. Jadi tidak langsung tunai senilai 1,2 bisa dicicil. Untuk jangka waktu yang input KRS bulan Februari besok minimal sebelum bulan Maret karena bulan Maret sudah masuk tahap validasi (pengelompokan, pembagian wilayah, pembagian tema dll).
      Untuk angkatan 2012 kebawah (yang mengalami Uang Kuliah Tunggal) seharusnya tidak boleh lagi ada pungutan karena uang yang dibayarkan per semester selama delapan semester harusnya sudah termasuk KKN, wisuda, AMT, Pekan kewirausahaan, praktek, jas lab, almamater dan kegiatan yang diadakan kampus lainnya (bukan ormawa)

  1. kenalkan saya mala dari plb uns 2012, trimakasih mas sangat membantu sekali infonya :)!!
    semoga sy bs mengikuti di tahun 2015 ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s