Pengenalan Etika Internet di Desa Jeblogan

Setelah beberapa lama berada di Desa Jeblogan, Kabupaten Ngawi. Kali ini program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) kelompok Desa Jeblogan menyasar pada anak – anak. Pada hari Jumat tanggal 7 Agustus 2015, kelompok KKN UNS Desa Jeblogan mengadakan senam bersama dengan dilanjutkan pengenalan etika dan pemanfaatan media internet di SDN 02 Jeblogan. Program ini diadakan dengan tujuan agar anak – anak di Desa Jeblogan memperoleh manfaat positif dari internet.

Internet tidak hanya bermanfaat, tetapi juga dapat menimbulkan efek atau akibat buruk apabila tidak disikapi dengan bijak, oleh sebab itu mahasiswa KKN UNS kelompok Desa Jeblogan bermaksud untuk melakukan upaya prefentif dengan sasaran anak – anak. Pengenalan etika dan pemanfaatan internet ini penting dilakukan karena di era modern ini internet telah menjadi kebutuhan bagi hampir seluruh masyarakat di dunia. Untuk mengakomodir hal tersebut, Suyoto selaku Kepala Desa Jeblogan menyediakan jaringan wifi  24 jam di balai desa Jeblogan. Harapannya agar warga Desa Jeblogan tidak ketinggalan informasi dan berwawasan luas.

Mahasiswa UNS yang ditugaskan di Desa Jeblogan bekerjasama dengan Aliansi Selamatkan Anak Indonesia (ASA Indonesia) untuk menyelenggarakan program ini. ASA Indonesia mendelegasikan Kuncoro Probojati sebagai pegurus ASA Indonesia untuk berpartisipasi pada kegiatan ini. Pada kesempatan ini Kuncoro ditemani oleh sahabat ASA Indonesia Alikta Hasnah Safitri. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul sembilan pagi hingga pukul 11 siang. Metode yang digunakan adalah dengan presentasi dan diskusi di kelas selama 30 menit dilanjutkan dengan kegiatan di luar kelas dengan bermain ular tangga cerdas.

Permainan ular tangga cerdas ini tidak seperti biasanya, tetapi menggunakan media banner ukuran tiga kali tiga meter dan dapat diinjak oleh siswa siswi. Medianya pendukungnya yaitu dadu besar ukuran 10 meter kubik dan kartu bermotif yang dapat dibuat dari kardus. Peraturannya yaitu apabila peserta berada pada tanda tangga akan ada pertanyaan yang dipilih dari kartu bermotif, jika peserta dapat menjawab maka boleh naik dan mendapat hadiah apabila tidak maka tetap di kotak awal dan pemain diganti. Sebaliknya, apabila berada di tanda ular harus menjawab pertanyaan, apabila tidak bisa menjawab maka peserta akan turun ke arah ular berada dan pemain diganti. Pertanyaan – pertanyaan tersebut tentunya berhubungan dengan penggunaan internet, misalnya: apa yang harus dilakukan jika ada akun yang menambah teman dan tidak dikenal? Sebutkan rukun Islam! Bagaimana sikapmu jika sedang mengakses internet dan terdengar adzan?

Guru dan pengajar di SDN 02 Jeblogan mendukung kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UNS kelompok Desa Jeblogan. Di akhir kegiatan, Mu’adzin selaku Kepala SDN 02 Jeblogan berpesan agar mahasiswa tidak bosan berkegiatan dan membagi idenya di sekolah yang dipimpinnya selama KKN berlangsung agar kegiatan belajar mengajar di SDN 02 Jeblogan terus bervariasi.

Pemberian Kenang-kenangan

Pemberian Kenang-kenangan

Foto Bersama 1

Foto Bersama 1

Foto Bersama

Foto Bersama

Ular Tangga Cerdas

Ular Tangga Cerdas

Presentasi Diskusi di Kelas

Presentasi Diskusi di Kelas

Iklan

Satu pemikiran pada “Pengenalan Etika Internet di Desa Jeblogan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s