Ikhtiar Membangun Negeri Melalui KKN

Sebagai mahasiswa kita memiliki kewajiban yang terkemas dalam tri darma perguruan tinggi. Setelah menimba ilmu di kelas, para mahasiswa diwajibkan melakukan sebuah penelitian yang sering kita sebut dengan skripsi atau tugas akhir. Penelitian ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat memberikan solusi dengan memecahkan keresahan-keresahan pada permasalahan sosial di sekitarnya melalui disiplin keilmuannya. Penelitian ini dimaksudkan agar ilmu di kelas diterapkan untuk memperbaiki dan membangun negeri.

Berbicara tentang membangun negeri, mahasiswa dapat melakukannya dengan langsung terjun ke masyarakat. Pada program kuliah, kita mengenal adanya kuliah kerja nyata (KKN) sebagai implementasi dari pengabdian masyarakat. Dari pengabdian masyarakat tersebut mahasiswa dapat berperan aktif menularkan kreatifitasnya untuk memberdayakan masyarakat dan daerahnya. Di kegiatan KKN ini mahasiswa dapat praktek bagaimana sosialisasi dengan lingkungan baru bersama teman-teman baru. Biasanya, dalam satu kelompok terdiri atas beberapa fakultas atau jurusan, bisa dipastikan mereka belum saling kenal satu sama lain.

Setiap kelompok mahasiswa memiliki dinamika tersendiri saat menjalankan program KKN. Misalnya seperti KKN mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) di Kabupaten Ngawi, terdapat 14 desa dimana masing-masing kelompok memiliki dinamika sendiri. Contoh konkretnya saja tempat tinggal, ada yang menyewa, tinggal bersama kepala desa, menempati rumah warga. Programnyapun beragam, dari tema yang ada akan di break down menjadi program pokok dan program penunjang.

Berbicara mengenai program, mahasiswa UNS diberikan waktu selama enam minggu untuk merealisasikan programnya. Mahasiswa KKN UNS Kelompok Desa Jeblogan memiliki lima program pokok dan empat program penunjang. Program pokok tersebut bersinggungan dengan tema pertanian. Pada tema ini, mahasiswa KKN UNS Kelompok Desa Jeblogan yang terdiri atas sepuluh orang menjabarkan programnya dimulai dari penyuluhan peningkatan produksi jahe, pendampingan pelaksanaan hingga membuat hasil produk olahan dari jahe. Alasan fokus pada jahe adalah karena kelompok taruna tani Budi Luhur baru saja mencoba menanam jahe dan masih minim pengetahuan pada pengelolaannya.

Program penunjang yaitu program diluar tema yang mana dilaksanakan pada saat berlangsungnya KKN. Mahasiswa KKN UNS Kelompok Desa Jeblogan merancang kegiatan pendampingan taman baca Al-Qur’an, merayakan HUT Republik Indonesia, pengenalan manfaat dan etika internet, dan pengadaan buku untuk anak – anak desa. Tidak jarang Mahasiswa KKN UNS Kelompok Desa Jeblogan juga diundang  pada kegiatan – kegiatan desa sepeti undangan perkawinan, pengajian, kerja bakti, bermain dengan anak – anak desa, berbincang dengan warga, membantu pegawai Balai Desa dan kegiatan lainnya.

Menjalani rutinitas KKN di Desa Jeblogan cukup menguras tenaga dan pikiran, tetapi iniah konsekuensi yang harus dijalani oleh mahasiswa selaku kaum intelektual untuk membangun negerinya. Waktu enam minggu memang tidak dapat merubah keadaan dengan signifikan tetapi setidaknya ikhtiar membangun negeri dapat diwujudkan dari hal kecil. Harapannya akan ada tindak lanjut yang konsisten dari program yang telah dilaksanakan setelah selesai kegiatan KKN oleh mahasiswa agar perubahannya dapat terwujud dan memberikan manfaat kepada masyarakat desa yang pernah ditempati KKN. Semoga Tuhan melancarkan kegiatan mahasiswa KKN UNS di Desa Jeblogan.

Acara Perkawinan

Acara Perkawinan

Latihan seni melipat kertas sebelum ke SD

Latihan seni melipat kertas sebelum ke SD

Setelah menanam padi

Setelah menanam padi

Membantu pekerjaan di balai desa

Membantu pekerjaan di balai desa

Coba Menanam Padi

Coba Menanam Padi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s