Membela Pembela

Cuplikan Trailer Bridge Of Spies

Cuplikan Trailer Bridge Of Spies

do you know how people will look at us? The family of a man trying to free a traitor? // Everyone deserves a defense, every person matters – James Donovan, Bridge Of Spies

Perkara dugaan pembunuhan Mirna Salihin semakin hari semakin menarik untuk diikuti baik bagi kalangan mahasiswa, praktisi, akademisi maupun masyarakat awam hukum sekalipun. Mereka yang bergelut di bidang hukum makin berpikir dengan dinamika proses penegakan hukum ini dan masyarakat awam makin menghujat Jesica seolah – olah memang benar Jesica sebagai terdakwa adalah pelakunya.

Kasus dugaan pembunuhan ini cukup menyita perhatian masyarakat, sampai – sampai ruang sidang pengadilan negeri bukan lagi tempat tabu untuk diliput secara live oleh TVOne dari pagi hingga malam. Melalui media pula setiap saat masyarakat disuguhi opini – opini yang menyudutkan terdakwa. Senin lalu agenda pemeriksaan sidang menghadirkan ahli psikologi klinis Antonia Ratih Andjayani atas inisiatif dari penuntut umum. Mungkin bisa lebih seru mengikuti perkara ini jika berdiskusi dengan mereka yang ahli di bidang psikologi.

Pemeriksaan terhadap ahli dilakukan bergantian, setelah di-skorsing sampai pukul dua siang oleh majelis hakim giliran penasehat hukum yang bertanya kepada ahli. Salah satu penasehat hukum Jesica yang terlihat di persidangan ini bernama Otto Hasibuan. Otto Hasibuan terlihat mulai mendampingi Jesica sejak proses hukum, sebelumnya Jesica didampingi oleh Yudi Wibowo.

Saat penasehat hukum memberikan pertanyaan beberapa kali pengunjung sidang menyerukan suara tanda tidak menyukai tindakan sang lawyer. Padahal apa yang dilakukan oleh penasehat hukum Jesica adalah untuk membela kliennya. Seorang terdakwa tidak terkecuali Jesica sendiri mempunyai hak sebagaimana diatur undang – undang untuk membela diri, dalam hal ini akan dikuasakan kepada penasehat hukumnya.

Berdasarkan Undang – Undang Nomor 18 Tahun 2003 Tentang Advokat, membela klien merupakan salah satu jasa hukum yang diberikan oleh advokat untuk kliennya. Masyarakat harus mengetahui bahwa undang – undang juga mengatur jika seorang advokat tidak dapat diidentikkan dengan kliennya dalam membela perkara klien oleh pihak yang berwenang dan/ atau masyarakat. Ini untuk menjelaskan bahwa profesi advokat dilindungi oleh negara dan tidak pula terlibat atas dugaan kejahatan yang disangkakan pada kliennya.

Alasan mengapa seseorang perlu pendampingan oleh penasehat hukum atau advokat telah sebagian diuraikan pada tulisan sebelumnya. Sudah banyak film – film yang mengisahkan tentang profesi seorang advokat. Film The Judge atau Bridge Of Spies cukup ringan untuk dipahami masyarakat awam bagaimana seorang lawyer berpikir dan melakukan pembelaan untuk kliennya. Mengutip trailer Bridge Of Spies bahwa James Donovan yang diperankan oleh Tom Hank menyebutkan setiap orang pantas dapat pembelaan dan setiap orang berharga, dalam hal ini tidak terkecuali adalah orang yang diduga sebagai mata – mata Rusia di negaranya sendiri Amerika Serikat pada masa perang dingin. Kira – kira itulah alasan mengapa perlunya profesi advokat di bidang hukum dan profesi advokat sendiri dinyatakan di bahasa latin sebagai officium nobile yang berarti profesi terhormat atau mulia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s