Kembali Ke Nahdliyin

Beberapa hari lalu Saya kembali mengunjungi kota dimana Saya banyak belajar dan diajari oleh orang – orang yang Saya kenal. Kebetulan Saya mendapatkan dua undangan perkawinan kawan Saya. Tetiba Saya di stasiun Purwosari, Saya bertemu dengan orang baru. Obrolan basa basi menjadi pengantar keakraban sampai pada satu pembahasan dimana Saya mengaku bahwa pernah kuliah di ilmu hukum Universitas Sebelas Maret (UNS).

Obrolan semakin serius membahas dunia mahasiswa saat menyebutkan nama sahabatnya Bahar Sani, saat ini menjabat Ketua PMII Surakarta yang juga dalam hal tertentu memanggil Saya dengan sebutan “Sahabat Yogo”. Rupanya lawan bicara Saya ini bernama Susilo yang tak lain juga salah seorang kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia atau biasa disebut PMII. Susilo menceritakan profil serta ketenaran Bahar baik diluar maupun di kampus, sampai pada akhirnya dia penasaran dengan Saya. Singkat saja saja jawaban Saya “jenengku Prayogo Mas, arek Suroboyo. Kon takok ae nang Bahar sopo aku (namaku Prayogo Mas, orang Surabaya. Kamu tanya saja ke Bahar siapa saya)”. Baca lebih lanjut